Senin, 21 November 2011

cara mengetahui virus di komputer


Avast-free-antivirus-logo
Virus memang sangat mengganggu apalagi virus berbahaya seperti virus HIV Aids, H5N1 dan beberapa virus yang sangat mematikan apabila menyerang kita. Namun kali ini kita tidak membicarakan virus yang menyerang pada manusia akan tetapi kita sekarang membahas bagaimana cara mengetahui virus di komputer kita. Apakah virus itu benar-benar ada di komputer kita atau tidak, semuanya bisa terungkap apabila kita mengetahui caranya menmukannya.
Sebelum mempelajari lebih jauh tentang cara mengetahui virus di komputer atau laptop ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu virus. Virus menurut orang awam seperti saya boleh dikatakan sebagai program atau software yang memang sengaja diciptakan atau dibuat untuk mengganggu program tertentu atau aplikasi tertentu, selain mengganggu, virus juga merusak baik program maupun data.
Jadi perbedaan virus komputer dengan virus yang menyerang manusia adalah untuk virus komputer adalah buatan tangan manusia atau dengan kata lain memang sengaja dibuat oleh manusia, sedangkan virus penyakit sungguhan seperti H5N1 tidak dibuat oleh manusia namun datang dengan sendirinya dari alam tanpa diketahui manusia.

Berikut ini cara mengetahui virus di komputer
Cara mengetahui virus di komputer ini kita menggunakan sebuah software dan software tersebut disebut dengan Anti Virus. Banyak macam software AntiVirus, dan anda bisa menggunakan salah satunya dab berikut adlah beberapa contoh antivirus, Avast, Mcafee, Norton Anti Virus, Smadav, Artav, Antivir, Nod32 dan masih banyak lagi software AntiVirus, dan kesemuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Sebagai contoh untuk cara mengetahui virus di komputer saya melakukannya dengan software AntiVirus Avast Free Antivirus. Saya asumsikan bahwa sobat sudah melakukan installasi AntiVirus avast di komputer sobat. Apabila memiliki antivirus Avast bisa anda download di sini.
Langkah untuk memulai menemukan virus di komputer adalah dengan menjalankan AntiVirus Avast dengan cara klik Start – All programs – Avast! Free Antivirus – Avast! Free Antivirus, atau bisa juga dengan double click icon Avast yang ada di desktop windows sehingga muncul jendela Avast Free Antivirus seperti berikut :
Cara melihat virus di komputer
Avast Scanning
Selanjutnya klik Start pada Full system scan, pilihan ini ditentukan agar Avast Free Antivirus benar-benar melakukan pencarian ke semua file yang ada di dalam komputer, jadi Avast akan melakukan scanning virus secara keseluruhan komputer. Tunggu hingga proses scan berjalan hingga selesai, setelah itu barulah kita bisa melihat virus apa saja yang ada di dalam komputer kita. Virus-virus itulah yang selama ini membuat komputer kita sering “demam” dan “batuk-batuk” atau sering ngadat atau bermasalah.
Gambar berikut adalah proses scan virus terhadap flash disk dan untuk scan virus di harddisk caranya sama saja dengan cara mengetahui virus di flash disk. Setelah selesai proses pendeteksian virus, langkah terakhir adalah menampilkan hasil virus yang ditemukan oleh software Anti Virus, pada Avast dapat dilihat dengan click Show Result. Setelah click Show Result, di situ terlihat jelas nama-nama file yang terserang virus.
Cara Scan Virus di Flash Disk
Scaning Virus
Setelah menemukan virus-virus yang menyerang komputer kita, jpada gambar di atas terlihat ada 2 file (Infected files) yang terinfeksi virus, jangan lupa untuk memusnakan virus itu ya, jangan dibiarkan hidup agar tidak beranak pinak menjadi semakin banyak file yang diserang, oleh karena itu klik pada Aplly this action for all, dan pilih Delete (ada beberapa piliahan spt : Repair, Move to Chest dan Do Nothing)agar semua file yang terinfeksi virus nantinya akan dihapus. Langkah paling akhir adalah clik Apply untuk mengeksekusi perintah penghapusan file beserta vrus. Tunggu hingga di kolom Result muncul pesan Action Successful dan selesai.

Selamat mencoba